Cara Merekam Layar HP Xiaomi untuk Pemula dengan Benar

Cara Merekam Layar HP Xiaomi – thebillionairetour.id. Xiaomi adalah salah satu produsen ponsel pintar asal Tiongkok yang terkenal memiliki spesifikasi lengkap dengan harga ekonomis.

Karena itu banyak anak muda menggemari HP Xiaomi. Selain desain menarik, kelengkapan teknologi termasuk kualitas kamera dan videonya pun dapat bersaing dengan HP lain yang dibanderol dengan harga lebih mahal.

Ternyata didalamnya juga tersematkan sebuah fitur merekam layar HP Xiaomi yang tidak semua orang mengetahuinya. Jadi apabila ingin mengetahui lebih lanjut, berikut thebillionairetour.id sampaikan semuanya.

Cara Merekam Layar Hp Xiaomi

Cara Merekam Layar HP Xiaomi dengan Fitur Bawaan

Bicara teknologi, kini pengguna HP Xiaomi sudah terpasang MIUI 8 ke atas telah dilengkapi dengan fitur screen recording atau perekam layar.

Dengan adanya fitur bawaan pabrik ini, pengguna tidak perlu lagi menginstall aplikasi tambahan untuk menghasilkan video rekaman layar. Simak info lengkap cara merekam layar HP Xiaomi berikut ini.

Baca : Cara Menghapus Riwayat Pesanan di Shopee

Mulai Merekam Layar dengan Aplikasi Screen Recorder

Mulai Merekam Layar Dengan Aplikasi Screen Recorder

Pertama adalah membuka aplikasi screen recorder bawaan HP Xiaomi. Cara mencari lokasinya sangat mudah. Anda hanya perlu membuka menu tools.

Setelah itu ketuk opsi screen recorder dan layar akan menampilkan menu utama.

Tentukan Pengaturan Video

Tentukan Pengaturan Video

Selanjutnya, jika aplikasi ini digunakan pertama kali, lakukan pengaturan video terlebih dulu. Masuk ke menu pengaturan di pojok kanan atas layar.

Jika pengaturan ini tidak dilakukan, hasil rekaman akan tersimpan secara default. HP Xiaomi menyediakan cukup banyak fitur pengaturan.

Artinya komponen yang menentukan kualitas akhir dapat dikontrol dengan lebih baik dibanding HP produsen lain.

Hal ini membuat hasil rekaman tidak perlu menjalani proses editing yang terlalu banyak sehingga sangat praktis jika ingin segera diupload ke media sosial, grup whatsapp, telegram, dan lain-lain.

Opsi pengaturan bisa disesuaikan untuk kebutuhan yang diinginkan antara lain menentukan resolusi, frame rate, sound source, dan masih banyak lagi.

Semakin besar resolusi dipilih maka semakin jernih pula yang dihasilkan. Namun, pastikan kapasitas memori HP masih cukup luas karena ukuran pun menjadi semakin besar.

Jika sudah selesai menentukan pengaturan yang diinginkan, selanjutnya kembali ke menu utama aplikasi untuk masuk ke langkah selanjutnya.

Mulai Merekam Layar

Mulai Merekam Layar

Setelah menentukan pengaturan hasil video, saatnya mulai merekam layar HP Xiaomi. Anda akan menemukan tombol rekam di bagian kanan bawah untuk mulai merekam.

Setelah itu, buka aplikasi, game, wesite, atau apapun aktivitas yang hendak direkam menjadi video.

Setelah mengetuk tombol rekam, tombol overlay akan muncul secara otomatis berupa ikon bertulisan start dengan bundaran merah pada latarnya.

Pastikan semua sudah siap, lalu ketuk tombol overlay start untuk memulai rekaman. Lakukan aktivitas yang ingin direkam.

Setelah dirasa cukup, perekaman layar bisa dihentikan dengan cara mengetuk tombol stop di pojok kanan atas layar. Secara otomatis hasil rekaman akan muncul sebagai thumbnail di sudut kanan.

Mengecek Hasil Thumbnail

Mengecek Hasil Thumbnail

Untuk memonitor hasil perekaman layar, Anda hanya perlu mengetuk thumbnail tersebut dan layar akan langsung masuk ke video player.

Jika thumbnail tersebut tidak sengaja tertutup atau hilang tidak perlu bingung, Anda dapat menemukannya dengan membuka aplikasi screen recorder terlebih dulu.

Setelah itu dalam menu aplikasi akan tersedia daftar video rekaman layar yang telah dilakukan. Jika sudah sesuai ekspektasi, bisa langsung membagikannya ke media sosial seperti Instagram, Facebook, Twitter atau Youtube.

Namun jika dirasa ada yang kurang atau ingin menambahkan elemen, efek, dan sebagainya, screen recording bawaan HP Xiaomi menyediakan fitur edit.

Pilihan edit akan muncul secara otomatis saat sedang diputar. Selain opsi edit tersedia pula pilihan lain seperti share, more, dan delete.

Hal Perlu Diperhatikan Sebelum Video di Share

Hal Perlu Diperhatikan Sebelum Video Di Share

Video hasil merekam layar HP Xiaomi pada dasarnya sudah cukup berkualitas untuk langsung dibagikan ke media sosial dan sangat mudah dilakukan.

Tidak diperlukan keahlian khusus dalam mengedit dan mengambil video. Meski demikian, terdapat beberapa catatan yang perlu diperhatikan berikut ini.

  • Aplikasi perekam layar atau screen recording hanya tersedia pada HP Xiaomi yang sudah menggunakan MIUI 8.0 atau versi lebih tinggi
  • Jangan lupa untuk mengaktifkan mikrofon pada tahap pengaturan jika ingin membuat disertai suara langsung atau real time voice over.
  • Dengan mengaktifkan mikrofon, suara akan langsung direkam melalui mikrofon HP Xiaomi.
  • Sesuaikan frame rate dengan video yang ingin direkam. Disarankan untuk mencoba merekam dengan melakukan pengaturan berbeda sebagai perbandingan untuk memilih hasil terbaik sesuai harapan.
  • Terakhir dan tidak kalah penting, pastikan HP Xiaomi Anda memiliki kapasitas memori internal yang cukup, terutama jika Anda memilih resolusi video dengan kualitas high atau tinggi.
  • Jika memori tersedia tidak cukup maka tidak akan dapat disimpan dan harus dilakukan perekaman ulang setelah menghapus beberapa file untuk menyediakan ruang memori.

Tips Menghasilkan Video Rekaman Layar yang Baik

Ada beberapa tips menghasilkan rekaman video yang sekiranya perlu untuk diketahui bersama, apa saja itu?

1. Siapkan Baterai yang cukup

Siapkan Baterai Yang Cukup

Hal terkadang luput pada saat merekam layar adalah status baterai HP. Sebelum merekam layar HP Xiaomi pastikan baterai dalam kondisi penuh.

Kondisi baterai dapat berdampak pada hasil perekaman video. Jika baterai setidaknya masih tersisa di atas 50%, hasil pun akan lebih baik, jernih dan terang.

Namun apabila baterai sudah dibawah 50% bahkan sudah sangat low maka pencahayaan dari HP pun akan lebih redup.

Selain itu terdapat risiko layar akan tersendat atau lag bahkan bisa terjadi hang atau freeze pada layar saat merekam. Hal ini tentu akan mengganggu proses perekaman dan menghasilkan kualitas video kurang baik.

Sebaiknya, selalu charge penuh HP sebelum merekam karena aktivitas perekaman layar, rendering dan penyimpanan membutuhkan daya baterai cukup besar.

Lebih baik persiapan di awal daripada menyesal kemudian bukan?

Baca : Cara Mengunci Jaringan 4G HP Realme

2. Atur Fitur Durasi Maksimal Perekaman

Atur Fitur Durasi Maksimal Perekaman

Perhatikan fitur tersedia pada pengaturan HP Xiaomi Anda sebelum merekam. Selain kualitas, frame rate, dan pengaturan video, terdapat pula fitur durasi maksimal perekaman.

Tiap posel pintar memiliki kapasitas durasi maksimal yang diperbolehkan dalam satu kali perekaman.

Dengan memanfaatkan fitur ini, Anda dapat lebih memperhitungkan durasi pembuatan video atau menghemat memori HP.

Fiturnya berguna jika yang dibuat membutuhkan batas durasi tertentu terkait batasan durasi diperbolehkan dalam suatu media sosial.

Contohnya, jika ingin membuat untuk Instagram, durasi  yang diperbolehkan hanya sebatas 1 menit. Dengan mengatur durasi maksimal di awal, hasil rekaman bisa langsung dipakai tanpa harus memotong videonya.

3. Cek Kualitas Deteksi Suara

Cek Kualitas Deteksi Suara

Jika video yang dibuat ingin diserta dengan audio, pastikan untuk mengecek kualitas deteksi suara terlebih dulu.

Tentu akan merepotkan dan buang-buang waktu jika setelah merekam ternyata kualitas suara kurang baik, tidak terdengar atau terdapat banyak noise.

Perhatikan posisi tangan atau benda apapun yang mungkin menghalangi mikrofon selama perekaman. Perhatikan juga pada volume utama HP Xiaomi sebelum merekam. Pastikan volume tidak terlalu kecil atau bahkan mute.

Bagaimana cukup mudah bukan untuk cara merekam layar HP Xiaomi diatas? Semoga bisa menambah wawasan dan mempraktekannya sendiri dirumah.