Cara Cek Touchscreen HP Vivo Semua Tipe dengan Instan

Cara Cek Touchscreen HP Vivo – thebillionairetour.id. Salah satu komponen utama HP zaman sekarang adalah layar sentuh atau touchscreen. Tentu saja komponen spesifikasi lain seperti prosesor dan memori juga tak kalah penting.

Namun, semua itu tidak dapat dimanfaatkan tanpa kerja layar sentuh yang optimal. Karena itu, bagi Anda yang baru membeli smartphone baru, mengecek kondisi layar sentuh adalah prosedur yang sebaiknya dilakukan secara rutin.

Setiap ponsel memiliki sistem pengecekan sendiri-sendri. Nah, jika Anda berminat membeli HP Vivo, ikuti cara cek touchscreen HP Vivo yang telah thebillionairetour.id rangkumkan berikut ini.

Cara Cek Touchscreen Hp Vivo

Pentingnya Cek Performa Touchscreen HP

Karena seluruh interface dan fungsi operasional smartphone bergantung pada tampilan dan sensitivitas layar sentuhnya.

Baik ketika membeli HP baru maupun lama, cek touchscreen tetap harus dilakukan. Mengapa? Layar sentuh yang bermasalah secara garis besar menentukan apakah HP layak digunakan atau tidak.

Jika rusak, HP pun tidak akan beroperasi bukan? Anda mungkin akan percaya begitu saja ketika membeli HP baru dan mengabaikan pengecekan layar sentuh.

Namun, terkadang ada produk cacat yang luput dari pabrikan dan masuk ke pasar. Meskipun pada kasus ini unit bisa dikembalikan dan diganti dengan yang baru, tetapi prosedur komplain dan pengembalian tentunya perlu menghabiskan waktu dan tenaga.

Belum lagi jika Anda membeli HP baru tersebut karena kebutuhan mendesak.

Untuk menghindari hal ini, tidak ada salahnya untuk meluangkan waktu sejenak untuk melakukan cek touchscreen HP Vivo baru Anda daripada harus menghabiskan waktu lebih banyak di kemudian hari jika produk ternyata ditemukan cacat.

Begitu pula dengan kasus pembelian HP bekas. Terkadang, HP bekas dijual kembali dalam kondisi telah dimodifikasi dengan komponen tidak original oleh pemilik lama maupun penjual.

Jika komponen yang diganti tersebut adalah touchscreen, mengecek kerusakan merupakan hal wajib. Dengan mengecek performa touchscreen, Anda bisa mengetahui apakah masih cukup responsive terhadap sentuhan atau adanya dead pixel.

Pengecekan ini pun dapat bermanfaat apalagi jika penjual tidak mengatakan secara langsung riwayat service layar sentuh HP tersebut.

Mengetahui cara mengeceknya pun penting jika Anda ingin menjual HP Vivo kepada orang lain. Tentunya akan lebih baik mengecek kondisi layar sebelum memasang harga dan menjualnya bukan?

Tanpa menunggu lama lagi, berikut cara memeriksa touchscreen HP Vivo secara cepat dan akurat.

Baca : Cara Cek Touchscreen HP Xiaomi

Cara Cek Kondisi Touchscreen HP Vivo dengan Mudah

Cara Cek Kondisi Touchscreen Hp Vivo Dengan Mudah

HP Vivo dengan layar sentuh original umumnya akan bekerja dengan baik. Terlebih untuk keluaran terbaru saat ini mempunyai kualitas yang tidak main-main.

Namun untuk mengantisipasi adanya kerusakan layar sentuh baik akibat cacat produksi maupun penggunaan, pihak Vivo menyediakan suatu kode sebagai fitur pengecekan kondisi komponennya, termasuk touchscreen.

Jika memang terjadi kerusakan, maka Anda bisa melakukan klaim garansi resmi dari Vivo untuk menerima penggantian unit baru. Pihak Vivo akan memberikan unit baru sebagai bentuk ganti rugi secara gratis dalam waktu 15 hari sejak tanggal pembelian.

Namun, perlu diingat garansi unit baru hanya dapat diberikan jika kerusakan yang terjadi disebabkan oleh masalah fungsional. Jika layar sentuh rusak akibat penggunaan seperti tersiram air, terbentur atau jatuh, maka garansi tersebut tidak berlaku.

Cara memanfaatkan kode unik untuk pengecekan layar sentuh ini dapat dilakukan dengan langkah-langkah mudah berikut ini:

  • Buka fitur panggilan lalu masukan kode *558# bagi pengguna HP Vivo. Untuk merek HP lainnya, kode pengecekan ini tidak berlaku karena tiap produsen memiliki daftar kodenya masing-masing.
  • Setelah melakukan “panggilan” kode di atas, Anda akan diteruskan pada menu pengecekan pabrik atau factory test secara otomatis.
  • Ketuk pilihan engineering test.
  • Ketuk engineetring test.
  • Ketuk opsi handwriting test.
  • Layar kemudian akan menampilkan alur seperti huruf X besar di tengah-tengah layar. Ikuti alur yang tergambar pada layar.
  • Kondisi layar yang baik akan menampilkan warna hijau saat diusap. Perubahan ini menandakan respons layar terhadap sentuhan. Jika ada bagian yang tidak berubah menjadi hijau, berarti terdapat kerusakan pada bagian layar tersebut.
  • Jika seluruh alur berhasil berubah menjadi hijau, layar akan kembali pada menu engineering test 2.
  • Selanjutnya pilih opsi touchscreen test.
  • Pada tahap ini, sistem akan mengecek keseluruhan fungsi layar secara otomatis.
  • Jika proses telah selesai dan tidak ada masalah fungsional, layar akan berubah hijau dan menampilkan tulisan “pass”. Jika ada kerusakan, maka sistem akan menampilkan bagian layar yang bermasalah.

Sayangnya, jika ternyata terdeteksi kerusakan, maka tidak ada cara lain selain mengganti layar sentuh dengan yang baru. Jika sudah begini, pastikan untuk menggantinya dengan original dari Vivo.

Meskipun perlu mengocek kantong lebih dalam, tetapi yang resmi lebih terjamin kualitasnya dibanding yang tidak original.

Meskipun non-original lebih murah, pada akhirnya Anda mungkin perlu mengeluarkan uang lebih banyak jika layar cepat rusak.

Harganya cukup bervariasi, bergantung pada tipe HP yang digunakan. Semakin baru tipenya, semakin mahal pula harga yang perlu dibayar. Harga layar sentuh original Vivo berkisar dari 725 ribu rupiah hingga 2,5 juta rupiah.

Manfaatkan Aplikasi Menggambar Untuk Cek Touchscreen

Manfaatkan Aplikasi Menggambar Untuk Cek Touchscreen

Cara mudah lainnya adalah menggunakan aplikasi menggambar. Pada smartphone, penghubung antara pengguna dan sistem adalah melalui sentuhan pada layar.

Dengan kata lain, untuk mengecek apakah berfungsi dengan normal, konsepnya adalah memeriksa apakah perintah sentuhan jari terbaca dengan baik oleh layar atau tidak.

Aplikasi menggambar dapat menjadi pilihan yang tepat sebagai alat tes karena dapat menampilkan respons sentuhan jari secara visual.

Jika tidak ada aplikasi menggambar bawaan di HP Vivo Anda, terdapat banyak pilihan aplikasi tersebut di playstore untuk diunduh secara gratis. Pastikan aplikasi tersebut mendukung fitur full screen agar dapat mengecek kondisi layar sentuh di seluruh permukaan.

Cobalah membuat gambar menggunakan aplikasi ini. Jika ada garis yang terputus kemungkinan terdapat masalah dengan layar sentuh HP Vivo Anda. Segera lakukan pergantian di konter servis resmi Vivo terdekat.

Penutup

Itulah cara mudah cek touchscreen HP Vivo dengan cepat menggunakan kode cek perangkat keras dari produsen dan aplikasi menggambar.

Jangan lupa untuk melakukan pemeriksaan kondisi layar sentuh HP Vivo saat membeli HP baru, bekas maupun sebelum menjual HP Vivo ke pelanggan.

Selain menghemat waktu alih-alih menghabiskan waktu lama untuk klaim garansi jika terjadi cacat, pengecekan ini pun bisa meningkatkan kepercayaan pelanggan bagi penjual HP bekas.

Tentu pelanggan akan lebh percaya dan merekomendasikan lapak Anda jika barang yang dijual pun berfungsi dengan baik. Selamat mencoba!