3 Cara Cek Touchscreen HP Samsung Paling Simpel

Cara Cek Touchscreen HP Samsung – thebillionairetour.id. HP Samsung terkenal dengan ketahanan perangkat kerasnya. Bahkan, dengan perawatan yang tepat, HP ini bisa tahan beroperasi seperti unit baru setelah 5 tahun pemakaian.

Desain dan ketahanan inilah yang menjadi salah satu daya tarik HP ini. Tak heran banyak penggemar yang memburu model terbaru atau bahkan model lama. Karena minat pasar yang tinggi, banyak juga yang menjual HP Samsung tangan kedua atau bekas di pasaran.

Namun baik penjual maupun pembeli, ada satu hal penting yang mesti rutin dilakukan saat membeli atau menjual HP Samsung baru ataupun bekas yaitu cek touchscreen HP Samsung Anda. Mengapa penting? Simak ulasan thebillionairetour.id berikut.

Cara Cek Touchscreen Hp Samsung

Pentingnya Cek Touchscreen HP Samsung

Layar sentuh atau touchscreen adalah penghubung antara pengguna dan mesin dalam HP. Artinya, jika tidak berfungsi, bisa dikatakan HP rusak total karena tidak bisa dioperasikan.

Karena itu, penting untuk mengecek kondisi touchscreen secara berkala agar dapat segera diketahui letak kerusakannya.

Jika dibiarkan terlalu lama kerusakan layar sentuh bisa semakin meluas. Biaya penggantiannya pun tidak murah, bahkan bisa mencapai jutaan rupiah, tergantung tipe HP Samsung yang dimiliki.

Kerusakan itu sendiri bisa bermacam-macam, mulai dari berkurangnya senstivitas sentuhan, kerusakan lampu LED maupun tampilan warna, layar blank warna hitam atau putih, shadow dan bergerak sendiri.

Baca : Cara Cek Touchscreen HP Vivo

3 Cara Cek Touchscreen HP Samsung paling Mudah

Secara garis besar yang harus diperiksa adalah respons layar sentuh ketika menerima sentuhan jari, apakah normal atau tidak. Untuk memeriksanya, bisa digunakan pilihan cek touchscreen HP Samsung berikut ini.

1. Cek kondisi fisik

Cek Kondisi Fisik

Cara pertama yang paling sederhana adalah mengecek kondisi layar dari fisiknya. Ini cara yang paling mudah dan bisa dianggap sebagai screening awal untuk cek apakah touchscreen berfungsi dengan baik, terutama saat membeli HP Samsung bekas.

Cacat yang luput dari inspeksi pertama pasti akan sangat mengganggu kenyamanan dan malah harus mengeluarkan biaya lebih kemudian.

Karena itu perhatikan kondisi layar sentuh baik-baik sebelum membeli. Lihat tanda-tanda berikut dengan seksama.

  • Terdapat goresan atau retak. Meskipun tidak besar atau terlihat tidak dalam, tetapi retakan atau goresan ini bisa memperpendek umur secara signifikan. Jika menemukan tanda ini, sebaiknya langsung saja cari unit lain.
  • Ketukkan jari dan tahan beberapa detik pada beberapa sis. Jika kondisi masih baik, gerakan tap and hold ini akan menunjukkan respons. Jika tidak terjadi apapun, perlu dicurigai adanya kerusakan.
  • Terakhir dan yang terpenting adalah pastikan tidak mengalami gagal respons seperti memberi reaksi seperti hold padahal hanya diketuk saja, atau layar bergerak sendiri tanpa perintah jari. Selain tampak seram, masalah ini juga sangat mengganggu navigasi.

Itulah langkah pertama mengecek kelayakan layar sentuh. Jika pada tahap ini saja sudah ditemukan kerusakan maka itu bukan pertanda baik.

Meskipun dijual dengan harga yang turun drastis, sebaiknya tidak tergiur untuk membeli karena berisiko akan mengeluarkan uang lebih untuk ganti layar di kemudian hari.

2. Cek perangkat keras pabrikan lewat kode USSD

Cek Perangkat Keras Pabrikan Lewat Kode Ussd

Unstructured Supplementary Service Data atau USSD adalah kode cepat yang menghubungkan ponsel dengan komputer operator. Tiap kode akan terhubung ke berbagai menu, termasuk menu cek kondisi sistem dan perangkat gawai.

Tiap produsen HP memiliki kodenya masing-masing. Nah, untuk HP Samsung kodenya adalah *#0*#. Cara mengakses kode ini sama seperti saat melakukan panggilan telepon biasa.

Setelah melakukan panggilan ke kode tersebut, menu berbagai fitur pengecekan perangkat akan muncul. Fitur untuk cek touchscreen HP Samsung diantaranya sebagai berikut:

Cek shadow burn dan tampilan warna RGB

Pada menu akan muncul pilihan red, green dan blue di baris atas. Opsi ini dapat menunjukan kondisi lampu dan kualitas layar sentuh lewat warna-warna dasar tersebut.

Normalnya, jika mengetuk opsi red maka lampu akan berubah merah. Begitu pula saat mengetuk opsi green dan blue.

Jika warna yang muncul pada layar tidak sesuai dengan opsi warna yang diketuk, tandanya terdapat kerusakan pada komponennya. Segera lakukan pengecekan di pusat service resmi Samsung untuk menghindari kerusakan yang lebih parah.

Cek respons layar sentuh

Opsi ini merupakan fitur untuk mengecek performa fungsi utama yakni respons terhadap sentuhan. Untuk memulai, ketuk opsi touch pada menu.

Layar kemudian akan menampilkan sebuah alur menyerupai huruf X besar dari ujung ke ujung layar lainnya. Gerakan jari mengikuti alur yang tersedia.

Jika warna pada pola alur berubah hijau, artinya respons layar sentuh terhadap sentuhan masih baik. Sebaliknya, jika ada bagian yang tidak berubah warna, artinya bagian tersebut sudah mengalami kerusakan atau mengalami penurunan sensitivitas terhadap sentuhan.

Cara kedua ini cukup ampuh untuk memeriksa apakah ada kerusakan. Namun, jika masih belum puas atau yakin, ada satu cara lagi untuk mengkonfirmasi lebih jauh adanya kerusakan pada touchscreen yaitu dengan menggunakan aplikasi ketiga.

3. Manfaatkan aplikasi cek layar sentuh

Manfaatkan Aplikasi Cek Layar Sentuh

Aplikasi cek performa layar sentuh kini tersebar banyak di platform aplikasi seperti google play. Anda bisa memanfaatkan aplikasi ini secara gratis untuk mengecek beberapa performa fungsi lain, di antaranya sebagai berikut.

Partial Screen

Aplikasi ini dapat dimanfaatkan untuk mengecek fungsi-fungsi umum seperti warna yang dikeluarkan, sensitivitas terhadap sentuhan dan lain-lain.

Pada umumnya fitur pengecekan pada aplikasi ini tidak jauh berbeda dengan menggunakan kode USSD di atas. Namun, aplikasi ini bisa dimanfaatkan untuk tujuan crosscheck.

Multi touch test

Aplikasi ini lebih ditujukan untuk mengecek respons saat diberi perintah berupa sentuhan dua jari atau lebih, seperti ketika melakukan zoom in atau zoom out gambar menggunakan dua jari.

Secara garis besar, aplikasi ini juga memeriksa sensitivitas layar terhadap sentuhan, baik satu maupun dua jari.

Baca : Cek Touchscreen HP Xiaomi

Solusi Touchscreen HP Samsung yang Rusak

Jika setelah melakukan berbagai tes di atas ternyata ditemukan kerusakan, lalu apa yang harus dilakukan? Sayangnya, untuk kerusakan layar sentuh tidak ada hal lain yang bisa dilakukan selain menggantinya.

Memang, tidak semua penyebab kerusakan berasal dari gangguan pada layar sentuh itu sendiri. Bisa saja kerusakan disebabkan oleh faktor lain seperti gangguan pada sistem HP atau terjadi kesalahan pengaturan sistem.

Kerusakan layar sentuh juga bisa disebabkan oleh air yang masuk ke dalam HP atau soket yang bergeser dan memengaruhi kerja layar dari dalam HP.

Karena itu, langkah pertama sebelum buru-buru mengganti layar adalah konsultasi ke service center resmi Samsung untuk memastikan penyebab kerusakannya.

Melakukan cek touchscreen HP Samsung berguna ketika Anda membeli HP bekas maupun baru untuk memastikan kualitas HP. Melakukan pengecekan secara berkala pun dapat menghindari kerusakan yang semakin parah akibat membiarkan kerusakan terjadi terlalu lama.

Selalu gunakan sparepart original dan periksa HP ke service center resmi Samsung untuk hasil terbaik.